Analisis sidik jari

Jadi minggu kemaren tuh gw ikutan analisis Sidik Jari barengan sama temen kuliah gw beserta keponakannya. Sebenernya udah lama banget pengen ikutan, mw tau sebenernya bakat alamiah gw berdasarkan sidik jari begimana dan Hasilnya adalah gw termasuk ke golongan Type INSTING dan hasil test suami gw aalah SENSING EXTROVERT. Gw sih sebenernya ga tau ya ada beberapa versi yang berbeda ttg analisa ini. Berdasarkan Buku “Penjelasan Hasil Tes STIFIn” karya Farid Poniman, ada 5 type yaitu; Sensing (S), Thinking (T), Intuiting (I), Feeling (F), Insting (In).

1. Sensing

– Sensing introvert (Si) ; kecerdasannya bertumpu pada panca indera, yg membuatnya jd konkrit dan praktis sehingga membuat suka berkelana, pandai meniru dan hebat dalam berakting.

– Sensing extrovert (Se) ; biasanya seperti mesin diesel (lama panasnya tp lama kelamaan jd semakin kuat), mempunyai memori yang kuat, cenderung lebih boros, ada 10 sifat perilaku yg khas: adventurous, playful, demonstrative, generous, repetitious, tune in order, show offs, inoffensive, endurance dan experience.

2. Thinking

– Thinking introvert (Ti) ; kecerdasan yg merujuk kepada logika yang membuatnya menjadi rasional dan objektif sehingga dapat menekuni profesi yang spesifik.

– Thinking extrovert (Te) ; mahir menjadi komandan pada suatu organisasi. memerlukan cara kerja otak yang menalar, berhitung dan menstrukturkan.

3. Intuiting

– Intuiting introvert (Ii) ; kecerdasannya merujuk pada indera ke enam anda yang sekaligus menjadi otak kreatif anda, sehingga anda cnderung menjadi trendsetter di lingkungan profesi anda. kemampaannya untuk selalu menciptakan, memberi nilai tambah, menghasilkan perubahan yang signifikan, dan menjaga kesempurnaan.

– Intuiting extrovert (Ie) ; Pandai memprediksi kecenderungan bisnis ke depan, sifatnya ingin selalu berinovasi dengan jenis inovasi yang bisa diterima oleh lingkungannya.

4. Feeling

– felling introvert  (Fi) ; kecerdasannya merujuk kepada perasaan, yang membuat anda pandai memahami orang lain.

– feeling extrovert (Fe) ; Hebat dalam persahabatan dan hubungan sosial.

5 Insting ; Kecerdasannya merujuk pada naluri sebagai indera ketujuh, yang dilengkapi dengan kemampuan serba bisa, sehingga membuat anda responsif, mudah beradaptasi dan banyak kawan. Spiritualis yang hebat namun juga individu yang galak dan tempramental. Naluri nya tajam dan pandai meramal namun peragu dan tidak punya prinsip. Bersikap spontan dengan isi kepala lengkap sebagai generalis namun membuatnya tanggung dan tidak tuntas. Fungsi keserba-bisaannya yang digabung dengan kekuatan refleknya membuat tipe (in) seolah-olah akan survive doletakkan di lingkungan seperti apapun atau diterjunkan di profesi apapun.

dan tipe ini hanya ada 3 % loh.. berarti gw LANGKA. hahaha

  1. Artikelnya bagus, boleh saya share dengan mencantumkan sumber Ibu Harum Wardhani?

    • wah saya juga mengambil inti sarinya dr buku “penjelasan Hasil Tes STIFIn mengenali cetak biru hisup anda” karya Farid Poniman..
      tp untuk di share aja silakan🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: