Archive for November, 2014

Tentang Vaksinasi

Ih agak berat ya bahasannya.. Well tergelitik buat tulis beginian dari sudut pandang orang tua baru yang notabenya masih banyak ketakutan ketakutan dan mencari yang terbaik untuk anaknya. Dulu gw juga sempet berpikir untuk tidak memvaksinasi Rei pada saat sedang hamil, banyak hal juga yang gw pertanyakan tapi berhubung kontrolnya sama OM nya suami gw ya dicekokin lah pentingnya vaksin. Kita cerita tentang pengalaman gw aja ya sebagai orang tua nya Rei. Pertama Rei lahir (dengan tangisan yang super irit, nangis sih tapi ga mengelegar. Entah Feeling gw agak aneh -susah buat dijelasin plus kondisi yang mengigil gara2 ac ruang operasi). Akhirnya rei gw vaksin sesuai dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia. Rei di vaksinasi Hepatitis B (1) setelah lahir, pas pulang kerumah di tetesin Polio (0). bulan 1: Hepatitis B (2), BCG Bulan 2 : DPT (1), HIB (1), Polio (1) nah pas Umur Rei 2 bulan 2 minggu mulai Bapil dan pada 3 bulan 1 minggu rei dirawat di RS gara gara Pneumonia (radang paru paru) murni. Bulan 4 : PCV (1), Rotavirus (1). Nah ini yang gw sesalin. Seharusnya PCV (1) ini di bulan 2, ini sama dokternya baru di kasih setelah rei dirawat.. jadi tolong ya sebagai ibu musti aware sama yang namanya beginian, harus teliti dan kritis jangan iya iya aja dan dibaca itu buku kesehatan anaknya (ini terjadi sama gw yang cm iya iya aja.. toyor diri sendiri), Dari sini gw belajar, Cari lah dokter yang mau ngejelasin bukan yang ngejelasin kalo ditanya aja dan pada jadwal Vaksin berikutnya gw memutuskan untuk beralih ke rumah Vaksin. Yang sebelumnya udh tanya2 ke temen gw yg vaksin anaknya dsna. Bulan 5 : Rei dirawat lagi dengan penyakit yang sama. sedih ga sih lo, liat anak musti dirawat di rumah sakit. Bulan 6 : Hepatitis B (3), Polio (3), DPT (3), HIB (3), Rotavirus (2), Nah pas Di rumah vaksin ini gw ditanya Rei udah vaksin apa dan diliat riwayatnya (ini pentingnya buku kesehatan anak secara memori gw agak cetek) dan penting kalo bisa si dokter tulisannya yang rapih dan bisa dibaca ulang (kalo kalo ke dokter lain jd bisa dibaca riwayat kesehatan anaknya). Setelah vaksin mintalah label vaksinnya di tempel. (karena hal ini terjadi pas dokternya rei yang pertama ga melakukan hal itu, jd begitu ditanya yang ini pake dosis yang mana, nah gw cengo dah tuh). Pada saat periksa  Rei diduga dan di rujuk untuk Echo sama dokter anaknya. Nah disini deh ketauan kalo Rei itu ASD (gw udh pernah cerita) Bulan 7 : PCV (2) Gw rasa ini jadwalnya agak berubah gegara hal yang gw ceritain di atas.seharusnya PCV (2) ini diumur 4 bulan. Setelah terdeteksi ASD hal yang dokter rekomen adalah LENGKAPI VAKSINNYA Bulan 8 : Influenza (1), PCV (3) –> seharusnya PCV (3) umur 6 bulan Bulan 9 : Campak, Influenza (2) nanti tunggu jadwal vaksin rei berikutnya di usia 12 bln *jadi Postingan ini bakal ada kelanjutannya*

——————————–

well ini dia lanjutannya..

bulan 12 : satu hari setelah rei berulang tahun vaksin PCV 4 nya kita berikan, tadinya mau sekalian vaksin varicella aka cacar air. tp berhubung stok vaksin varicella ini ga ada jd yang penting dulu deh (PCV4) karena ternyata varicella itu cukup sekali aja..

Reuni AADC

Lagi pada Heboh ya sama AADC reuni 2014 yang disponsori oleh L**E itu? gw termasuk yang punya memori cukup “in” ttg film ini jaman SMA. Yang nontonnya berbanyakan sama Gebetan masing masing pada jaman itu.. hahaha. Reaksi gw begitu liat mini movie nya adalah Teriak histerisss liat si Nico.. *abaikan sampe si rei aja terbengong bengong kaget.. 😛

Secara cerita sih cukup mengobati lah ya..  dulu juga sempet ada series nya di TV (nah klo yang ini kebanyakan intrik2 nya). Tp ujungnya gantung dan Iklan abis *ya iyalah.. kan namanya juga disponsori.* Abis itu liat berbagai memei yang bertebaran di path yang bikin ketawa ngakak, jadi penasaran kira2 si Riri Riza sama Mira Lesmana ga tergelitik apa buat Lanjutan Filmnya beneran?

Kenapa? kenapa selalu ada puisi2 yang bikin hati meleleh itu?? Ya walaupun gw ga ngerti dan gw juga bukan penggila sastra tp buat gw itu bikin gw merembes mili.. hahaha *cengeng ya bok..

As He Sees It

As He Sees It

ikutan posting nya  http://besinikel.blogspot.com/2014/11/as-he-sees-it.html . tergelitik pengen tau apa jawaban suami, iseng nge WA dan ini jawabannya
* * *
1. Apa, sih, yang pertama kali kepikiran saat anak baru lahir?
Seneng, bisa penya temen maen, bisa ada yang diajarin dan mau dia sekolar di LN (Yak ini kita satu visi lah ya,,hahaha)
2. Were you prepared?
Yes, Soalnya dari pertama nikah sudah nyiapin dana pendidikan (cuma sekarang udah kepake untuk kebutuhan mendesak, dan mulai dari awal lagi..ganbatte ya ayah !!)3. Dalam 10 bulan jadi ayah, apa hal yang paling memorable?
Pas pertama kali rei masuk RS di umur 3 bulan, Bingung, sedih apalagi aku ga suka sama suntikan (iya tau dia paling ga suka sama yang namanya RS)

4. Apa memori favorit Ayah tentang Rei?
Kalo lagi di genitin sama Rei (yak.. Rei emang cuma bisa genit sama ayahnya, bisa dengan random senyum2 begitu liat ayah)5. What’s your favorite thing about being a dad?
Bisa Lindungin Rei (iya sekarang pamor gw tersingkir, tp kalo dipikir gw mah terlalu “gagah” buat dilindungin.. hahaha!!)

6. Apa hal paling memorable dari masa kecil yang ingin diulang ke anak?
Ajak Rei ke pasar binatang sama bikin layangan (kalo masih cara ngebikinnya)..

7. Apa visi ayah buat anak?
Bebas.. Terserah dia mau jadi apa, yang penting jadi diri sendiri
8. Apa yang ingin Ayah lakukan bersama anak saat dia sudah besar?
Mau Touring bareng pake motor.. seru.. (ya ampun, emang cita2nya dia mo ajari rei cinta motor dan mobil dan mengendari keduanya aka diajarin ngebut jd pembalap..ckckckck)
9. Apa yang mau ayah tanamkan ke anak?
Mesti sayang keluarga10. What parts of yourself do you hope Rei ends up with?
Ga ada, just be yourself

11. If you could do this all over again, what would you change?
nothing

* * *

MPASI REI 9 Bulan

bulan ini rei sudah masuk ke usia 10 bulan, jadi seperti biasa mo ngerekap soal Mpasi nya rei selama 9 bulan kemaren.. tp kebanyakan catatan menunya kelewat. *hehehe maafkan*. Untuk tekstur masih bubur saring pas minggu ke 2 sudah mulai diperkenalkan nasi tim

hari 1:

  • Beras putih, brokoli, jagung, jamur kuping, ayam
  • buah : jeruk
  • camilan : puding buah naga + yogurt

hari 2:

  • Beras putih, kentang, wortel, brokoli, jamur kuping,ayam
  •  buah : jeruk
  • camilan : puding buah naga + Yogurt

hari 3:

  • Pagi : Beras putih,Sop bola tahu (tahu, wortel, kuning telur dan maizena)
  • siang : Beras putih, brokoli, wortel, ayam
  • Sore : Beras putih, Kaldu Ayam, tomat, labu siam kecil
  • buah : Apel + Pir
  • camilan : puding buah naga + yogurt

hari 4:

  • Pagi : Beras putih, Sup Bola tahu
  • Siang dan Sore : Beras putih, kentang, wortel, brokoli, ati ayam
  • buah : jeruk
  • camilan : puding kacang hijau

hari 5 :

  • Pagi : Beras putih, wortel,ayam
  • Siang : Makaroni, kuning telur, wortel, buncis, daun bawang, santan (Schotel macaroni)
  • buah : pir
  • camilan : puding kacang hijau

hari 6 :

  • Beras putih, daun bawang, kembang kol, labu siam kecil, salmon, tomat
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum

hari 7 :

  • Beras putih, daun bawang, kembang kol, salmon, tomat, keju
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum, alpukat

hari 8 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan Sore : Beras putih+ beras merah, daun bawang, kembang kol,Ikan marlin, tomat, keju
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum , Cookies

hari 9 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan sore : Beras putih, daun bawang, kangkung,Keju,Kuning telur, tomat, kabocha
  • Buah : Jeruk dan 1/2 buah naga merah
  • Camilan : Cookies

hari 10 :

  • Pagi : Soto dan potongan Kabocha
  • Siang : Beras putih, Soto (bawang putih, bawang merah, kunyit dan susu plain), ayam, buncis daun bawang, tofu
  • Sore : beras putih, Dada Ayam, tomat cincang, kabocha, kuning telur
  • Buah : Jeruk dan 1/2 buah naga merah
  • Camilan : Cookies

hari 11 :

  • Pagi : Roti gandum
  • Siang dan sore : Beras putih, daging ayam, keju, brokoli
  • Buah : Jeruk dan pepaya
  • Camilan : Puding wanilla

hari 12 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan sore : Beras putih, Zuchini, kentang, telur puyuh
  • Buah : Mangga
  • Camilan : Puding mangga
  • Noted : Vaksin Campak dan Influenza 2, sebelum dan pas vaksin suhu badan normal, namun malemnya demam 37.8 derajat

hari 13:

  • Beras merah + beras putih, salmon, kangkung, buncis, wortel
  • Buah : jeruk
  • Camilan : Puding mangga
  • Noted : Malam panas 38.2 tp pagi 37 derajat (minum paracetamol 1x)

hari 14 :

  • Beras putih, selada, ikan dori, tempe, kentang, buncis
  • Buah : Pir dan buah naga
  • Camilan : cookies
  • Noted : Malam demam 39.5 derajat, pagi 37.7 (Paracetamon 1 x)

hari 15 :

  •        Noted : Rei jatuh dari tempat tidur, langsung bawa ke rumah sakit, gpp. malemnya masih anget 37.7 derajat (ga kerja). makan dikit, lebih banyak nen dan makan buah pepaya + jeruk dan kabocha

hari 16 :

  • Beras putih, ikan dori, buncis, brokoli, kabocha
  • Buah : Pir
  • Camilan : cookies
  •        Noted : Pasca Trauma (jatuh) dikasih tau untuk diperhatikan tingkat kesadaran, bila terjadi muntah terus menerus segera bawa ke RS, dan benjolan selama 2 x 24 jam. Nah hari ini dapet laporan klo rei Muntah di daycare (1x) , akhirnya dibawa lagi ke RS St. Carolus serpong, kata dokternya gpp cuma muntah itu disebabkan oleh batuk, karena dampak dari  Vaksin Campak (yang dimasukkan adalah semacam virus hidup ) adalah ruam2 merah “semi campak” (kalau rei dampaknya 7 hari trus kulitnya mulus lagi), batuk pilek ringan (karena yang terkena dampak adalah kelenjar2 , jadi dikasih Vit. A dosis tinggi selama 5 hari dan Rei termasuk orang yang rentan bgt batuk pilek jadi diresepin obat untuk jaga jaga dan resep obat inhalasi) . suhu badan mulai normal.

hari 17 :

  • Beras putih, Sop ikan gurame dan wortel, labu siam kecil
  • Buah : Mangga + apel
  • Camilan : Puding strawberi + susu plain
  •          Noted : Kondisi OK

hari 18 :

  • Beras putih, keju, ati ayam, dada ayam, sawi hijau
  • Buah : Pepaya
  • Camilan : Kentang kukus dan keju

hari 19 :

  • Oatmeal, scramble egg (telur dadar kuningnya saya pakai unsalted butter), sup ikan gurame
  • Buah : apel
  • Camilan : Puding vanilla

hari 20 :

  • beras putih + oatmeal + barley, kacang panjang, radish, telur ayam kampung utuh, ikan marlin
  • Buah : apel + jeruk
  • Camilan : cookies

hari 21 :

  • Pagi : Puree apel
  • Siang : Beras putih, Tomat, kacang panjang , radish, ikan marlin
  • Sore : Beras putih , Sup tahu pakchoy , telur ayam
  • Buah : jeruk
  • Camilan : Cookies

hari 22 :

  • Pagi : Schotel macaroni (Zuchini parut, wortel parut, macaroni, telur, daging cincang, bawang putih, susu plain, keju)
  • Siang : Beras putih, Radish,  ikan teri, wortel
  • Sore : Beras putih, bit,1/2 ikan marlin, sawi putih, Zuchini parut
  • Buah : Jeruk
  • Camilan : pepaya

hari 23 – 31 lupa ga ke catet

Kumpulan Resep MPASI 10 Bulan +

coba ah

Time Pursuer

No Nama Masakan Peruntukan (umur) Jumlah Sajian Perlengkapan yang diperlukan Bahan Cara membuat Catatan khusus
1 MUFFINS CARROT-OATMEAL 10 bulan ++     Bahan:
– 75 gr tepung gandum, kalau tidak ada bisa ganti tepung terigu serba guna (pilih yang tidak di bleach).
– 2 gr baking powder
– 2 gr baking soda
– seiprit garam (hy utk membantu kerja baking powder)
– 35 gr oatmeal
– 3 gr kayu manis
– 1 sdt pure ekstrak vanili. Jangan pakai essence vanili. Kalau tidak ada bisa di abaikan
– 1 bh kuning telur
-46 gr minyak sayur (olive oil, canola oil, dll…)
– 1/2 buah wortel ukuran besar, parut halus.
– 3 buah pisang susu sangat matang. Kalau pakai pisang ambon 1/2 buah juga cukup. Hancurkan pakai garpu.
– kismis untuk garnish, bisa di abaikan.
Cara Membuat :

1. Campur oatmeal bersama wortel dan pisang hingga rata (A). Sisihkan.

2. Ayak…

View original post 5,375 more words