Archive for the ‘ MPASI ’ Category

MPASI REI 9 Bulan

bulan ini rei sudah masuk ke usia 10 bulan, jadi seperti biasa mo ngerekap soal Mpasi nya rei selama 9 bulan kemaren.. tp kebanyakan catatan menunya kelewat. *hehehe maafkan*. Untuk tekstur masih bubur saring pas minggu ke 2 sudah mulai diperkenalkan nasi tim

hari 1:

  • Beras putih, brokoli, jagung, jamur kuping, ayam
  • buah : jeruk
  • camilan : puding buah naga + yogurt

hari 2:

  • Beras putih, kentang, wortel, brokoli, jamur kuping,ayam
  •  buah : jeruk
  • camilan : puding buah naga + Yogurt

hari 3:

  • Pagi : Beras putih,Sop bola tahu (tahu, wortel, kuning telur dan maizena)
  • siang : Beras putih, brokoli, wortel, ayam
  • Sore : Beras putih, Kaldu Ayam, tomat, labu siam kecil
  • buah : Apel + Pir
  • camilan : puding buah naga + yogurt

hari 4:

  • Pagi : Beras putih, Sup Bola tahu
  • Siang dan Sore : Beras putih, kentang, wortel, brokoli, ati ayam
  • buah : jeruk
  • camilan : puding kacang hijau

hari 5 :

  • Pagi : Beras putih, wortel,ayam
  • Siang : Makaroni, kuning telur, wortel, buncis, daun bawang, santan (Schotel macaroni)
  • buah : pir
  • camilan : puding kacang hijau

hari 6 :

  • Beras putih, daun bawang, kembang kol, labu siam kecil, salmon, tomat
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum

hari 7 :

  • Beras putih, daun bawang, kembang kol, salmon, tomat, keju
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum, alpukat

hari 8 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan Sore : Beras putih+ beras merah, daun bawang, kembang kol,Ikan marlin, tomat, keju
  • buah : Belimbing + Yogurt
  • camilan : Roti gandum , Cookies

hari 9 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan sore : Beras putih, daun bawang, kangkung,Keju,Kuning telur, tomat, kabocha
  • Buah : Jeruk dan 1/2 buah naga merah
  • Camilan : Cookies

hari 10 :

  • Pagi : Soto dan potongan Kabocha
  • Siang : Beras putih, Soto (bawang putih, bawang merah, kunyit dan susu plain), ayam, buncis daun bawang, tofu
  • Sore : beras putih, Dada Ayam, tomat cincang, kabocha, kuning telur
  • Buah : Jeruk dan 1/2 buah naga merah
  • Camilan : Cookies

hari 11 :

  • Pagi : Roti gandum
  • Siang dan sore : Beras putih, daging ayam, keju, brokoli
  • Buah : Jeruk dan pepaya
  • Camilan : Puding wanilla

hari 12 :

  • Pagi : Puree Kabocha
  • Siang dan sore : Beras putih, Zuchini, kentang, telur puyuh
  • Buah : Mangga
  • Camilan : Puding mangga
  • Noted : Vaksin Campak dan Influenza 2, sebelum dan pas vaksin suhu badan normal, namun malemnya demam 37.8 derajat

hari 13:

  • Beras merah + beras putih, salmon, kangkung, buncis, wortel
  • Buah : jeruk
  • Camilan : Puding mangga
  • Noted : Malam panas 38.2 tp pagi 37 derajat (minum paracetamol 1x)

hari 14 :

  • Beras putih, selada, ikan dori, tempe, kentang, buncis
  • Buah : Pir dan buah naga
  • Camilan : cookies
  • Noted : Malam demam 39.5 derajat, pagi 37.7 (Paracetamon 1 x)

hari 15 :

  •        Noted : Rei jatuh dari tempat tidur, langsung bawa ke rumah sakit, gpp. malemnya masih anget 37.7 derajat (ga kerja). makan dikit, lebih banyak nen dan makan buah pepaya + jeruk dan kabocha

hari 16 :

  • Beras putih, ikan dori, buncis, brokoli, kabocha
  • Buah : Pir
  • Camilan : cookies
  •        Noted : Pasca Trauma (jatuh) dikasih tau untuk diperhatikan tingkat kesadaran, bila terjadi muntah terus menerus segera bawa ke RS, dan benjolan selama 2 x 24 jam. Nah hari ini dapet laporan klo rei Muntah di daycare (1x) , akhirnya dibawa lagi ke RS St. Carolus serpong, kata dokternya gpp cuma muntah itu disebabkan oleh batuk, karena dampak dari  Vaksin Campak (yang dimasukkan adalah semacam virus hidup ) adalah ruam2 merah “semi campak” (kalau rei dampaknya 7 hari trus kulitnya mulus lagi), batuk pilek ringan (karena yang terkena dampak adalah kelenjar2 , jadi dikasih Vit. A dosis tinggi selama 5 hari dan Rei termasuk orang yang rentan bgt batuk pilek jadi diresepin obat untuk jaga jaga dan resep obat inhalasi) . suhu badan mulai normal.

hari 17 :

  • Beras putih, Sop ikan gurame dan wortel, labu siam kecil
  • Buah : Mangga + apel
  • Camilan : Puding strawberi + susu plain
  •          Noted : Kondisi OK

hari 18 :

  • Beras putih, keju, ati ayam, dada ayam, sawi hijau
  • Buah : Pepaya
  • Camilan : Kentang kukus dan keju

hari 19 :

  • Oatmeal, scramble egg (telur dadar kuningnya saya pakai unsalted butter), sup ikan gurame
  • Buah : apel
  • Camilan : Puding vanilla

hari 20 :

  • beras putih + oatmeal + barley, kacang panjang, radish, telur ayam kampung utuh, ikan marlin
  • Buah : apel + jeruk
  • Camilan : cookies

hari 21 :

  • Pagi : Puree apel
  • Siang : Beras putih, Tomat, kacang panjang , radish, ikan marlin
  • Sore : Beras putih , Sup tahu pakchoy , telur ayam
  • Buah : jeruk
  • Camilan : Cookies

hari 22 :

  • Pagi : Schotel macaroni (Zuchini parut, wortel parut, macaroni, telur, daging cincang, bawang putih, susu plain, keju)
  • Siang : Beras putih, Radish,  ikan teri, wortel
  • Sore : Beras putih, bit,1/2 ikan marlin, sawi putih, Zuchini parut
  • Buah : Jeruk
  • Camilan : pepaya

hari 23 – 31 lupa ga ke catet

Advertisements

Rei – 8 bulan –

Yeay bulan oktober ini Rei udah 9 bulan.. Kok kayaknya waktu ga berasa ya? *ciyus ga berasa?? berasa sih sebenernya..Stress iya gegara bb si anak acem ini irit bgt naeknya, herannya lg dapet laporan klo di daycare makannya banyak, bekel yang gw bawain itu abis walau kata gurunya kadang sisa tp kalo dirumah ampun disuruh manggap aja susah bgt, lebih suka minum asi langsung. Ya walaupun gt tetep aja dibikinin makanan seperti biasa.Untuk tekstur kadang masih suka bingung. Apalagi klo dikirimin foto sama gurunya pas lagi makan, masih diblender padahal udah dibilangin di saring aja yg alus. Gw ga ngerti lagi klo emang makannya banyak klo di daycare (yang notabenya 5 hari dlm seminggu dibanding 2 hari bareng gw dirumah) kenapa bb nya irit gt? pengaruh ASd kah? Klo pas waktu rei 6 bulan, sm dokternya di review soal ASD nya minimal 1 tahun sekali. klo ngeliat bb nya begini gw jadi super duper khawatir harus kah gw review ulang di dokter lain??

 

Menu Mpasi rei 8 bulan. Mulai nyobain finger food

hari 1 : Beras putih + beras merah (kaldu) + tahu sutera + jagung + Ati ayam,

buah : pepaya

hari 2 : beras putih + Buncis + ati ayam + unsalted butter,

buah : pepaya. FF : Buncis kukus

(noted :anaknya sariawan, agak gtm — kasih minum air putih yang banyak sm kasih air jeruk)

hari 3 : Kentang + singkong + Buncis + teri + Unsalted butter

buah : air jeruk. FF : Keju

hari 4 : Singkong + buncis + teri

Buah : Apel + air jeruk. FF : Puding kabocha

hari 5 : Singkong + buncis + teri + kabocha ,

buah : pepaya + air jeruk. FF : puding kabocha

hari 6 : Beras putih + jagung + wortel + ayam + keju,

buah : Alpuket + mangga. FF: Puding mangga

hari 7 : Kentang + brokoli + Tempe + lele + keju,

buah : Jus mangga .

hari 8 : Kentang + Tahu sutera + brokoli + teri + unsalted butter

buah : Pepaya, FF : Homemade cookies NO GULGAR

hari 9 : 

– Pagi : Beras Putih + Tumis daging ( Daging giling + kentang kukus + wortel parut + seledri — tumis pake ELOO) + Unsalted butter

– Sore : Beras putih + Wortel + kentang + Kuning Telur + Brokoli

buah : Pir , FF : Cookies

noted : Tidak ada tanda alergi telur

hari 10 :

– Pagi : Beras putih + Tumis daging (daging giling + kabocha + bawang bombay — tumis ELOO) + Unsaltdes butter

– Sore : Beras putih + brokoli + tofu + sedikit kabocha + Kuning telur

buah : Pir, FF: Cookies

hari 11 :

– Pagi : Beras putih + Barley + Pir

– Sore : Beras merah + kuning telur + tofu + wortel

buah dan FF : Mangga harum manis

hari 12 :

– Pagi : Barley + Pir + Kabocha

– Sore : Beras putih + Kentang + Kabocha + Wortel + Kuning telur

buah : Buah naga . FF : Cookies

hari 13 : Beras putih + wortel + ati ayam + jagung

buah : mangga , FF : puding mangga

hari 14 : Beras putih + keju + wortel + buncis + Belut

buah : mangga . FF ; puding mangga

hari 15 : Beras Putih + belut + wortel + kacang merah

buah : Mangga . FF puding mangga dan cookies

hari 16 : Beras merah + kentang + Kabocha + belut + wortel + kacang merah

buah : buah naga . FF : Pudding mangga dan cookies

hari 17 : Beras Putih + Wortel + kacang merah + belut

buah : Pir . FF cookies

hari 18 : Kentang + wortel + Tahu kuning + Kuning telur

buah : pir . FF ; Cookies

hari 19 : Kentang + kabocha + tahu kuning + kuning telur

buah : Pir golden. FF : Cookies

hari 20 : GTM cuma masuk Kabocha dan minum ASI

hari 21 : GTM masuk Puree Ubi ungu dikit dan Minum ASI terus maunya ngempeng aja

hari 22 : Beras Putih + ati ayam + Bayem merah (Lumayan banyak)

buah : Air jeruk. FF : –

hari 23 : Beras putih + Bayem merah + jagung + ati ayam

buah : Air jeruk . FF : –

hari 24 : Beras putih + Sawi hijau + jagung manis + Tuna

buah : Pir. FF : Cookies

hari 25 : Beras Putih + Sawi hijau + jagung + Tuna + jamur kuping

buah : jeruk . ff : puding mangga

hari 26 : beras putih + jamur kuping + tahu kuning + jagung + ikan tuna

buah : jeruk, ff : cookies

hari 27 : beras putih + wortel + kentang + kaldu ceker

buah : jeruk, ff : puding rasa stroberi

hari 28 : beras putih + wortel + ati ayam

buah : jeruk, ff: –

hari 29 : Kentang + Tempe + Labu siam + Kuning telur

buah : Pir , FF : Puding rasa stroberi + Yogurt , Cookies

hari 30 : Beras merah dan Beras putih + brokoli + jamur kuping + tempe + Ayam

buah : Buah naga + Pir , FF : Puding vanila + puding buah naga + yogurt , cookies

 

Rei – 7 Bulan –

Berhubung kabel data gw rusak, jadi ga bisa mindahin foto foto rei ke komputer. Apa aja yang rei udah bisa lakuin di umurnya yang ke 7 ini? *telat banget.. anaknya aja udh mo 9 bulan. *toyor diri sendiri.. haha

untuk soal makanan, menu rei udah bervariasi (udah ada karbo, protein sama sayuran), udah dua kali makan (pagi – Pure, Siang/sore – komplit), untuk Pure nya biasanya gw lebihin porsi dari salah satu yang ada buat di makan siangnya  plus diselingi camilan buah/ jus buah.

hari 1 : Zuchini + Tempe + Kentang , Air jeruk

hari 2 : Zuchini + Tahu + Kentang , Air Jeruk

hari 3 : Kentang + Kabocha + Tempe, Jus semangka

hari 4 : Beras putih + Kabocha + Edamame, Air Jeruk

hari 5 : Oat meal + kabocha +Tahu, Jus semangka

hari 6 : Beras putih + jagung + tempe, Jus Pir

hari 7 : Beras Putih + Tahu + wortel, jus Pepaya

hari 8 : Beras Merah + Bayam + Tahu , Pepaya

hari 9 : Beras merah + Labu siam + tempe , Semangka kuning

hari 10 : Oatmeal + zuchini + Tempe, Semangka kuning

hari 11 : Oatmeal + Kabocha + Tahu, Pir

hari 12 : beras Putih + jagung + tahu , melon mas

hari 13 : Beras putih + tahu sutra + zuchini + edamame, air jeruk + melon Mas

hari 14 : Oat meal + zuchini + kacang hijau kupas + tahu , Jambu biji merah

hari 15 : Oat meal + brokoli + zuchini + tahu sutra, jambu merah + melon mas

hari 16 : Oatmeal + brokoli + ayam, melon mas

hari 17 : Beras merah + brokoli + wortel + ayam, jambu+air jeruk

hari 18 : Beras merah (pake kaldu) + zuchini + wortel + ayam, semangka merah

hari 19 : Beras merah + jagung +brokoli + ayam, jambu merah

hari 20 : Beras Putih + kembang kol + Ayam + unsalted butter, air jeruk

hari 21 : Beras merah (kaldu) + Kabocha + ayam, pepaya

hari 22 : Oatmeal (kaldu) + Zuchini + Ayam, pepaya

hari 23 : Oatmeal + jagung + wortel + Salmon, Pepaya + pir

hari 24 : Oatmeal + zuchini + tempe + wortel + salmon, pir

hari 25 : kentang + tempe + zuchini + salmon, pir + belimbing

hari 26 : kentang + tempe + Terong ungu jepang + Salmon, pir + belimbing

hari 27 : Kentang + tempe + butternut pumpkin + jagung, mangga harum manis

hari 28 : Beras putih + tahu + jagung + butternut pumpkin , apel + air jeruk

hari 29 : Beras Putih + tahu + jagung, air jeruk

hari 30 : Beras putih + Kabocha + Ayam, pepaya +air jeruk

hari 31 : beras merah + jagung + ati ayam, air jeruk

Nah dalam usia 7 bulan ini rei makin jago gulak gulik sendiri, udah angkat angkat pantat,

kadang batuk pilek dan pertama kali nya sakit mata. Sakit mata ini gara gara ketularan ayahnya padahal si ayah udh bobo dikamar samping loh. Hal hasil rei diungsikan ke rumah uminya (nyokap gw) pada hari ke 8 sampai hari 12 (jadi menu diatas itu ya masakan nyokap gw sih, tp bahannya nanya dl ke gw boleh apa engga dikasih ke Rei).

Untuk batuk pileknya bikin kuatir karena nafas nya udah bunyi dan ngeganggu bgt itu di hari ke 18  karena jauh klo musti pulang ke bekasi akhirnya ke dokter di rs. carolus di BSD serpong. Alhamdulillah dapet dokter yang enak banget, namanya dr. Dewi, SpA. Nah dari dokter ini dapet informasi Kalo bayi lagi batuk jangan dikasih makan pisang, semangka atau melon karena akan memperbanyak produksi lendir dan dahak jd lengket (OK.. Noted) sejak hari ke 19 bulan Agustus, Pemberian pisang, semangka dan melon kita hentikan dalam waktu yang tidak terbatas. Just Info : Karena Rei ada ASD jadi kemungkinan besar akan gampang sekali terkena yang namanya batuk pilek. Well, lebih baik tidak memberikan ketiga jenis buah itu dulu. Karena Rei ada bakat alergi, jadi gw agak memperhatikan makananya. menurut catatan gw sepertinya Rei alergi sama kacang hijau/edamame, terong ungu (kalo kata bunda yang di daycare di lepeh2in) dan memicu batuknya.

Untuk Air jeruk, berdasarkan ngubek ubek postingan orang lebih baik disarankan memakai jeruk baby yang udah pasti rasanya manis. tp emang bener sih soalnya nyobain sendiri. mulai dari yang kulitnya masih ijo sampe yang kulitnya udah kuning.

MPASI Rei 6 bulan

Rei mulai Mpasi pas umur 6 bulan. Mpasi perdananya adalah puree alpukat mentega dan dia lumayan doyan. Berhubung berat badannya Rei naik turun melulu, awal2 mpasi cuma 1 x makan (1 jenis) ditingkatkan jadi 2 x sehari dan sama dsa nya ditambah selingan sufor.

————————————————————

Menu Mpasi

 

hari 1, 2, 3 = Puree alpukat mentega (ga ada tanda2 alergi), kadang campur ASIP

hari 4, 5, 6 = pure pisang

hari 7, 8,9 = beras merah + asi, (klo beras merah aj dia ga doyan, kadang dicampur pake pisang dikerok halus.. hahaha)

hari 10,11,12 = puree ubi ungu (ga terlalu doyan)

hari 13,14 = puree pir (pagi) + puree kentang & ASIP (Siang)

hari 15, 16 = puree apel (pagi) + Puree ubi merah (siang/sore)

hari 17, 18, 19 = puree kacang hijau (pagi) + puree pisang (sore)

hari 20, 21, 22 = puree alpukat (pagi) + puree kabocha (sore)

hari 23, 24 = puree melon jingga (pagi) + puree kentang (sore)

hari 25, 26 = pure apel & kabocha (pagi) + puree kabocha & kentang (sore)

hari 26, 27, 28 = pure kabocha & pisang (pagi & sore)

hari 29, 30, 31 = Oat & air jeruk baby (pagi) + Zuchini & tempe (sore)

————————————————————

Alhamdulillah rei ga picky sama makanan, walaupun awal – awal makan susah banget mangap alias buka mulut, yang ada tuh makanan di aduk2 pake tangan dan belepotan semua tapi sih untuk beberapa jenis kayak beras merah itu harus di campur pake yang manis. Yang dia doyan itu pir, melon, kabocha, air jeruk baby. Minggu pertama dan kedua makannya juga masih dikit, kadang serve 1 – 2 sdm tp sekarang juga klo dikasih banyak sekaligus ga abis, jd gw akalin makan dengan porsi kecil tp pemberian makannya 2x kadang 3 x. Makin kesini dia klo udah jam makannya lewat suka teriak teriak minta makan. hahaha

 

Awal 7 bulan ini Rei udah mulai diperkenalkan sama protein (begitu saran dsa nya) mengingat berat badannya Rei Mepetsss banget dibatas ambang terbawah. Agak bingung sih kenapa bb nya irit banget naiknya padahal porsi dan jadwal makannya teratur dan udah mulai sehari 3 x (2 kali makan besar dan 1 x puree buah). Nanti direkap lagi deh menu mpasi nya.